Sitepu, Susilawati (2013) UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TRANSENDENSI GURU IPA MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SUB RAYON SMA NEGERI 11 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116132015 Judul.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. 8116132015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
3. 8116132015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. 8116132015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. 8116132015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. 8116132015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 8116132015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. 8116132015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. 8116132015 Bab I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
10. 8116132015 Bab V.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
11. 8116132015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Guru yang kompeten secara individu mutlak melakukan pengembangan diri melalui pendekatan institusi yaitu dengan memfasilitasi melalui pemberian perhatian dan penghargaan lain, atau pendekatan dengan pendidikan perlu diberikan kepada guru dengan memfasilitasi pengembangan karakter transendensi dengan konsep pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan membentuk kebiasaan habit untuk dapat mewujudkan perilaku terpuji.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat mengembangkan karakter transendensi guru IPA di Sub Rayon SMA Negeri 11 Medan. Subjek penelitian adalah guru IPA di Sub Rayon SMA Negeri 11 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa karakter transedensi guru pada pra siklus belum menunjukkan hasil yang memuaskan, yang ditunjukkan bahwa karakter transendensi guru dominan berada di kategori kurang yaitu sebanyak 27 orang (72,973%). Setelah dilakukan seminar dan supervisi klinis terhadap guru diperoleh peningkatan menjadi lebih baik yang ditunjukkan karakter transedensi guru berada pada kategori baik yaitu sebanyak 30 orang (81,081%). Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan seminar pendidikan dan supervisi klinis dapat meningkatkan karakter transendensi guru IPA dalam pembelajaran di kelas ke arah yang lebih baik.Hasil penelitian diperoleh bahwa karakter transendensi yang baik akan menjadikan kehidupan guru dalam mengajar di kelas penuh dengan sukacita, minat yang besar terhadap kehidupan. Karakter transendensi guru yang baik juga akan meningkatkan hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sit u |
Keywords: | Karakter transendensi; Supervisi klinis; Guru IPA; Empati; Kemurahan; Kebersamaan; Civil aspiration; Humanis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 19:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4215 |