Pengembangan Media Laboratorium Virtual IPA Terpadu SMP Kelas VIII Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Adawiyah, Rabiatul (2020) Pengembangan Media Laboratorium Virtual IPA Terpadu SMP Kelas VIII Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156141024  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156141024 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156141024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156141024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156141024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156141024 PREFACE .pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156141024 PREFACE .pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156141024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156141024 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156141024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156141024 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156141024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156141024 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156141024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156141024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156141024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156141024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156141024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156141024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh media laboratorium virtual IPA terpadu SMP
kelas VIII yang layak digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa, menyelidiki korelasi kemampuan berpikir kritis
terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
yang meliputi tahap (1) Analisis pendahuluan pelaksanaan pembelajaran IPA,
tahap (2) Pengembangan media Laboratorium virtual IPA terpadu menggunakan
macramedia flash, tahap (3) Validasi media laboratorium virtual IPA terpadu sesuai
dengan standar kelayakan BSNP dan media elektronik, tahap (4) Evaluasi yaitu uji
coba media laboratorium virtual IPA terpadu kepada siswa Kelas VIII SMP Negeri
2 Lubuk Pakam sebanyak 2 kelas yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) kelayakan isi, bahasa dan penyajian media laboratorium
virtual IPA terpadu yang dikembangkan telah sesuai dengan kelayakan BSNP rata�rata 4,77 kategori sangat valid dan tidak perlu direvisi. (2) peningkatan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media laboratorium virtual IPA
terpadu lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
menggunakan video praktikum IPA (rata-rata N-gain 0,819 lebih besar dari 0,708).
(3) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan media
laboratorium virtual IPA terpadu lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa
yang dibelajarkan menggunakan video praktikum IPA (rata-rata 78,58 lebih besar
dari 69,82). (4) terdapat korelasi positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,845 (kriteria korelasi
sangat tinggi) dan koefisien determinasi sebesar 71,40%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Ada p
Keywords: Laboratorium virtual IPA terpadu; hasil belajar; kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 May 2021 03:07
Last Modified: 24 May 2021 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42149

Actions (login required)

View Item
View Item