Adawiyah, Rabiatul (2020) Pengembangan Media Laboratorium Virtual IPA Terpadu SMP Kelas VIII Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156141024 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8156141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. NIM. 8156141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
4. NIM. 8156141024 PREFACE .pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. NIM. 8156141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 8156141024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 8156141024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM. 8156141024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 8156141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
13. NIM. 8156141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 8156141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh media laboratorium virtual IPA terpadu SMP
kelas VIII yang layak digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa, menyelidiki korelasi kemampuan berpikir kritis
terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
yang meliputi tahap (1) Analisis pendahuluan pelaksanaan pembelajaran IPA,
tahap (2) Pengembangan media Laboratorium virtual IPA terpadu menggunakan
macramedia flash, tahap (3) Validasi media laboratorium virtual IPA terpadu sesuai
dengan standar kelayakan BSNP dan media elektronik, tahap (4) Evaluasi yaitu uji
coba media laboratorium virtual IPA terpadu kepada siswa Kelas VIII SMP Negeri
2 Lubuk Pakam sebanyak 2 kelas yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) kelayakan isi, bahasa dan penyajian media laboratorium
virtual IPA terpadu yang dikembangkan telah sesuai dengan kelayakan BSNP rata�rata 4,77 kategori sangat valid dan tidak perlu direvisi. (2) peningkatan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media laboratorium virtual IPA
terpadu lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
menggunakan video praktikum IPA (rata-rata N-gain 0,819 lebih besar dari 0,708).
(3) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan media
laboratorium virtual IPA terpadu lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa
yang dibelajarkan menggunakan video praktikum IPA (rata-rata 78,58 lebih besar
dari 69,82). (4) terdapat korelasi positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,845 (kriteria korelasi
sangat tinggi) dan koefisien determinasi sebesar 71,40%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Ada p |
Keywords: | Laboratorium virtual IPA terpadu; hasil belajar; kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 03:07 |
Last Modified: | 24 May 2021 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42149 |