Simanjorang, Ramadhani Putri (2020) Pengembangan Bahan Ajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186141001 COVER.PDF - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 8186141001 APPROVAL.PDF - Published Version
Download (593kB) | Preview
3. NIM. 8186141001 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 8186141001 PREFACE.PDF - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 8186141001 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM. 8186141001 TABLES.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8186141001 ILLUSTRA.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8186141001 APPENDIC.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8186141001 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 8186141001 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 8186141001 BIBLIOG.PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bahan ajar yang digunakan disekolah sesuai dengan BSNP, 2) mengembangkan bahan ajar kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan e-learning berbasis moodle 3) mengetahui bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi siswa, 4) mengetahui bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar, serta 5) mengetahui korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang dimodifikasi dari pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi SMA Negeri 1 Badar kelas XI MIA. Sampel penelitian adalah siswa/ siswi kelas XI MIA 1 yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian BSNP, soal tes objektif yang telah divalidasi dan angket motivasi siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 1) persen kelayakan bahan ajar yang digunakan disekolah sebesar 85% dengan kategori sangat layak, 2) persentase kelayakan bahan ajar yang dikembangkan sebesar 93,5% dan kelayakan e-learning moodle sebesar 87,5% sehingga bahan ajar berbasis moodle dikategorikan sangat layak, 3) motivasi siswa diperoleh persentase sebesar 74,30% dengan kualifikasi baik, 4) peningkatan hasil belajar siswa sebesar 58% dengan peningkatan cukup baik dan 5) terdapat korelasi cukup antara motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan e-learning berbasis moodle. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahan ajar kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan e-learning berbasis Moodle layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sim p |
Keywords: | E-Learning; Moodle; KSP; Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 May 2021 20:21 |
Last Modified: | 17 May 2021 20:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42137 |