PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Nasution, Aisyah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188710007 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 081188710007 Judul.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188710007 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188710007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188710007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188710007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188710007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188710007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188710007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188710007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188710007 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188710007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188710007 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188710007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188710007 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 081188710007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188710007 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 081188710007 Bab I.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188710007 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 081188710007 Bab V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 11. 081188710007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 081188710007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa, serta proses penyelesaian masalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 5 kelas paralel. Secara acak, dipilih 2 kelas, yakni siswa kelas VIII-2 dan VIII-4 sebagai kelas sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan matematika realistik, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan Pembelajaran Biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. 2) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 3) Terdapat perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Peningkatan minat belajar siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. 4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hasil rerata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,55450 dan 0,40550, dan rerata peningkatan minat belajar matematika siswa yang diberi PMR dan PB masing-masing sebesar 0,43491 dan 0,33547. Prosentase siswa yang mencapai skor 65 atau lebih pada postes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi pendekatan matematika realistik sebesar 76,47% lebih tinggi dibandingkan dengan prosentase siswa yang mencapai skor 65 atau lebih pada postes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran biasa sebesar 18,75%. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih bervariasi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nas p
Keywords: Pemecahan masalah; Minat belajar; Matematika realistik; Masalah matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 12 May 2016 18:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item
View Item