Nasution, Aisyah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710007 Judul.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. 081188710007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
3. 081188710007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 081188710007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. 081188710007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. 081188710007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. 081188710007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. 081188710007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. 081188710007 Bab I.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
10. 081188710007 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. 081188710007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa, serta proses penyelesaian masalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 5 kelas paralel. Secara acak, dipilih 2 kelas, yakni siswa kelas VIII-2 dan VIII-4 sebagai kelas sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan matematika realistik, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan Pembelajaran Biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. 2) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 3) Terdapat perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Peningkatan minat belajar siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. 4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hasil rerata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,55450 dan 0,40550, dan rerata peningkatan minat belajar matematika siswa yang diberi PMR dan PB masing-masing sebesar 0,43491 dan 0,33547. Prosentase siswa yang mencapai skor 65 atau lebih pada postes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi pendekatan matematika realistik sebesar 76,47% lebih tinggi dibandingkan dengan prosentase siswa yang mencapai skor 65 atau lebih pada postes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran biasa sebesar 18,75%. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih bervariasi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Minat belajar; Matematika realistik; Masalah matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4212 |