Malau, Rini Afrianty (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM TEACHING DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI SIDAMANIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122076 Judul.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. 8106122076 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. 8106122076 Abstrak.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
4. 8106122076 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. 8106122076 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8106122076 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. 8106122076 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. 8106122076 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. 8106122076 Bab I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
10. 8106122076 Bab V.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
11. 8106122076 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (2) apakah hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki Kreativitas tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki Kreativitas rendah?, (3) apakah ada interaksi antara strategi pembelajraan dengan Kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidamanik yang berjumlah 252 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel kelompok secara acak (cluster random sampling) berjumlah 72 siswa. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelompok yaitu, satu kelompok kelas dilakukan dengan pembelajaran menggunakan quantum teaching dan satu kelompok lagi dilakukan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,90. Serta untuk menentukan kreativitas siswa digunakan non tes baku yang dikembangkan oleh Munandar. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran yang Ekspositori pada taraf signifikan α = 0,05 dengan harga F Hitung sebesar 6,36 dan harga F Tabel 3,98. (2) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki kreativitas tinggi akan lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah diperoleh F Hitung sebesar 8,64 dan harga F Tabel 3,98. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas dapat mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu diperoleh F Hitung = 29,41 dengan harga F Tabel 3,98. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran quantum teaching memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Sedangkan siswa yang memiliki kreativitas tinggi memperoleh hasil belajar IPS Terpadu yang lebih tinggi jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran quantum teaching dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Mal p |
Keywords: | Kreativitas; IPS terpadu; Quantum teaching; Pembelajaran ekspositori; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4211 |