Gultom, Ostawati (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Membaca Permulaan Untuk anak Usia dini (5-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Nasrani 3 Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8176181013 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8176181013 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
3. NIM 8176181013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8176181013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 8176181013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 8176181013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM 8176181013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 8176181013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 8176181013 BAB 1.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13.NIM 8176181013 BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 8176181013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif membaca permulaan Anak Usia Dini di Kelompok B TK Nasrani 3 Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Model Penembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (Four- D) yang terdiiri atas 4 tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah 3 Validator ahli dan 20 siswa Kelompok B TK Nasrani 3 Medan. Produk penelitian ini berupa produk software multimedia pembelajaran interaktif pada materi benda-benda langit untuk siswa kelompok B TK Nasrani 3 Medan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif membaca permulaan berdasarkan: a) hasil validasi dari ahli materi terhadap terhadap kelayakan isi oleh ahli media pembelajaran sebesar 3,6, ahli materi pembelajaran sebesar 3.7,sedangkan ahli desain 3.5 di katergori dengan “sangat layak”. b) hasil praktis dari guru menyatakan bahwa anak mendapat respond an tanggapan sangat baik.Hal ini dapat terjadi dikarenakan langkah-langkah dimuat pada multimedia pembelajaran memiliki petunjuk dan mudah dipahami oleh anak. 2) Hasil efektivitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukkan hasil rata-rata membaca permulaan anak pada hasil observasi awal sebesar 45% yang berarti anak mulai berkembang dan hasil observasi akhir sebesar 83% yang berarti anak berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Gul p |
Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif; Membaca Permulaan; anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 May 2021 20:18 |
Last Modified: | 16 May 2021 20:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42106 |