Hasibuan, Khoirul Amri (2013) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DIKAITKAN DENGAN KECERDASAN LOGIK MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA N 1 KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175007 Judul.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. 8106175007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106175007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. 8106175007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. 8106175007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. 8106175007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. 8106175007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. 8106175007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. 8106175007 Bab I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
10. 8106175007 Bab V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
11. 8106175007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery dan model pembelajaran ekspositori. (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan logik matematik tinggi dan kecerdasan logik matematik rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logik matematik dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII IPA SMA Kota Subulussalam yang berjumlah 7 sekolah. Sampel penelitian ini ditetapkan siswa kelas XII IPA-3 dilakukan model pembelajaran guided discovery dan siswa kelas XII IPA-2 dilakukan model pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan cluster random sampling. Instrumen untuk mengukur hasil belajar fisika siswa digunakan tes berbentuk essai dengan jumlah sebanyak 8 butir. Kecerdasan logik matematik siswa dilakukan dengan angket. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analaisis data menggunakan ANAVA dua jalur.Temuan penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery dan model pembelajaran ekspositori, dimana siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. (2) Ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki kecerdasan logik matematik tinggi dan kecerdasan logik matematik rendah, dimana siswa yang memiliki kecerdasan logik matematik tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan logik matematik rendah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logik matematik dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa, artinya antara model pembelajaran dan kecerdasan logik matematik bersama – sama mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Has a |
Keywords: | Pembelajaran discovery; Pembelajaran ekspositori; Macromedia flash; Kecerdasan logik matematika; Media pembelajaran; Fisika |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4208 |