Analisis Kemampuan Literasi, Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Mahasiswa pada Perkuliahan Taksonomi Spermatophyta

Pasaribu, Vidia Imanda (2021) Analisis Kemampuan Literasi, Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Mahasiswa pada Perkuliahan Taksonomi Spermatophyta. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176173010 COVER .pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176173010 COVER .pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176173010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176173010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176173010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176173010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176173010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176173010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176173010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176173010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176173010 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176173010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176173010 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176173010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176173010 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176173010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176173010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176173010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176173010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176173010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176173010 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176173010 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi; (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi; (3) keterampilan proses sains; (4) sikap ilmiah mahasiswa; (5) hubungan antara kemampuan literasi sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa; (6) hubungan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa; (7) hubungan antara kemampuan literasi sains dengan sikap ilmiah mahasiswa dan (8) hubungan antara keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah pada mata kuliah Taksonomi Spermatophyta mahasiswa semester empat jurusan biologi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester empat tahun 2019 Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 117 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi mahasiswa, kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan keterampilan proses sains, serta angket sikap ilmiah mahasiswa. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan Uji Regresi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) kemampuan literasi mahasiswa rata-rata 70,73 dengan kategori Baik; (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa rata-rata 75,68 dengan kategori Baik; (3) kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa rata-rata 67,05 dengan kategori Baik; (4) sikap ilmiah mahasiswa rata-rata 69,17 dengan kategori Baik; (5) terdapat hubungan signifikan antara kemampuan literasi sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (r = 0,415; P = 0,000); (6) terdapat hubungan signifikan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (r = 0,968; P = 0,000); (7) terdapat hubungan signifikan antara kemampuan literasi sains dengan sikap ilmiah mahasiswa (r = 0,546; P = 0,000); dan (8) terdapat hubungan signifikan antara keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah mahasiswa semester empat jurusan biologi Universitas Negeri Medan (r = 0,936; P = 0,000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa literasi sains, dan keterampilan proses sains memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap lmiah mahasiswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 578.012 072 Pas a
Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi; Keterampilan Proses Sains; Literasi; Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2021 08:33
Last Modified: 05 May 2021 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42074

Actions (login required)

View Item
View Item