PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK KELAS XI SMA

Purba, Efraim Melinda (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173131008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173131008 COVER.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173131008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173131008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173131008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173131008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173131008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173131008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173131008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173131008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173131008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173131008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173131008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul berbasis proyek pada materi laju reaksi untuk kelas XI SMA yang memenuhi standar kelayakan BSNP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi sampai tahap pengembangan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis, (2) desain atau perecanaan, dan (3) pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi berstandar BSNP yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pengembangan modul dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis proyek telah memenuhi standar kelayakan BSNP dengan rata-rata validasi modul sebesar 3,85 dari keseluruhan validator ahli media; rata-rata validasi modul sebesar 3,66 dari keseluruhan validator ahli materi; dan rata-rata respon terhadap modul berbasis proyek sebesar 92,61% dari 20 orang siswa sebagai sampel. Berdasarkan hasil validasi dan respon yang diperoleh dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk modul berbasis proyek pada materi laju reaksi kimia untuk kelas XI SMA telah valid dan layak digunakan secara mandiri sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 047
Keywords: Laju reaksi; Modul; Bahan ajar; Pembelajaran berbasis proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 May 2021 08:08
Last Modified: 09 May 2021 21:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42049

Actions (login required)

View Item
View Item