Siregar, Azizah (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Mandailing dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 2 Batangtoru. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171036 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 8156171036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM. 8156171036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
4. NIM. 8156171036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 8156171036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
6. NIM. 8156171036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. NIM. 8156171036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
11. NIM. 8156171036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematik dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan ; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan self-efficacy dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Buku Siswa (BS), tes kemampuan koneksi matematik dan angket self-efficacy siswa. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan pendekatan Open-ended yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai posttest 61,76, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai posttest 82,35; 3) terdapat peningkatan kemampuan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh nilai sebesar 68,64 dan meningkat pada uji coba II dengan nilai 87,52. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sir p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; open-ended; kemampuan koneksi matematik; self-efficacy siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:36 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42029 |