PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SIPDA) TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

TAMPUBOLON, TESSA APRILIA MARANTIKA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SIPDA) TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7162142012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7162142012 COVER.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7162142012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7162142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7162142012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7162142012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7162142012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7162142012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7162142012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7162142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7162142012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7162142012 TABLES.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7162142012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7162142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7162142012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7162142012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7162142012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7162142012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7162142012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7162142012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7162142012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7162142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Sistem Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 yang berjumlah 70 orang. Teknik total sampling atau jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel penggunaan SIPDA dan variabel motivasi belajar. Angket tersebut terdiri dari 18 item pernyataan untuk penggunaan SIPDA dan 6 item pertanyaan untuk motivasi belajar. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut disebarkan untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya dilakukan uji outer model, uji inner model, uji hipotesis pengaruh langsung, dan uji hipotesis tidak langsung dengan menggunakan program SmartPLS 3.0.
Dari hasil analisis diketahui bahwa uji outer model dan uji inner model telah terpenuhi maka penelitian layak untuk dilanjutkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara penggunaan SIPDA terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan path coefficient sebesar -0,371 dan P-Value < 0,05 yaitu 0,025 serta nilai dari T Statistic > 1,96 yaitu 2,243 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan SIPDA terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan path coefficient sebesar 0,743 dan P-Value < 0,05 yaitu sebesar 0,000 serta nilai dari T Statistic > 1,96 yaitu 13,568. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan path coefficient sebesar 0,373 dan P-Value < 0,05 yaitu sebesar 0,029 serta nilai dari T Statistic > 1,96 yaitu 2,188. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan SIPDA terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan nilai sebesar 0,277 dengan nilai P-Values 0,045 < 0,05 serta nilai T Statistic > 1,96 yaitu 2,014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: SIPDA, Hasil Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:49
Last Modified: 29 Apr 2021 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42000

Actions (login required)

View Item
View Item