TAMPUBOLON, TESSA APRILIA MARANTIKA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SIPDA) TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162142012 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. NIM. 7162142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7162142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
4. NIM. 7162142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. NIM. 7162142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
6. NIM. 7162142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. NIM. 7162142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
8. NIM. 7162142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM. 7162142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7162142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
14. NIM. 7162142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Sistem Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 yang berjumlah 70 orang. Teknik total sampling atau jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel penggunaan SIPDA dan variabel motivasi belajar. Angket tersebut terdiri dari 18 item pernyataan untuk penggunaan SIPDA dan 6 item pertanyaan untuk motivasi belajar. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut disebarkan untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya dilakukan uji outer model, uji inner model, uji hipotesis pengaruh langsung, dan uji hipotesis tidak langsung dengan menggunakan program SmartPLS 3.0.
Dari hasil analisis diketahui bahwa uji outer model dan uji inner model telah terpenuhi maka penelitian layak untuk dilanjutkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara penggunaan SIPDA terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan path coefficient sebesar -0,371 dan P-Value < 0,05 yaitu 0,025 serta nilai dari T Statistic > 1,96 yaitu 2,243 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan SIPDA terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan path coefficient sebesar 0,743 dan P-Value < 0,05 yaitu sebesar 0,000 serta nilai dari T Statistic > 1,96 yaitu 13,568. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan path coefficient sebesar 0,373 dan P-Value < 0,05 yaitu sebesar 0,029 serta nilai dari T Statistic > 1,96 yaitu 2,188. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan SIPDA terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dengan nilai sebesar 0,277 dengan nilai P-Values 0,045 < 0,05 serta nilai T Statistic > 1,96 yaitu 2,014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | SIPDA, Hasil Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:49 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42000 |