BERUTU, WIKA LARISMA (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163342039 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB)
2. NIM. 7163342039 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM. 7163342039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. NIM. 7163342039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. NIM. 7163342039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. NIM. 7163342039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. NIM. 7163342039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. NIM. 7163342039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. NIM. 7163342039 BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM. 7163342039 BAB V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. NIM. 7163342039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK Negeri di Kota Medan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Motivasi dan Interaksi Eduktif terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri di Kota Medan.
Penelitian dilaksanakan di 1) SMK Negeri 1 Medan, 2) SMK Negeri 6 Medan, 3) SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 467 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 215 siswa. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 20. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang di peroleh dianalisis dengan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 6,730+ 0,910X1 + 0,062X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan nilai thitung sebesar 53,299 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Interaksi Edukatif juga berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan nilai nilai thitung sebesar 2,744 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,007<0,05. Selanjutnya motivasi belajar dan interaksi edukatif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 1499,780 > 3,038 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 93,3%, sedangkan 6,7% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi , Interaksi Edukatif, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 15:40 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 15:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41997 |