Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Siswa SMP

Anshori, Muhammad Irfan (2020) Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176171021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176171021 COVER.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176171021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176171021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176171021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176171021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176171021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176171021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176171021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176171021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176171021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176171021 TABLES.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176171021 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176171021 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176171021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176171021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176171021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176171021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176171021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176171021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model blended learning berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa serta untuk melihat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMP N 4 Air Putih. Sampel penelitian ini sebanyak 64 orang siswa yang dikelompokan menjadi dua kelas yakni kelas VIII A sebagai kelas BLBM dan kelas VIII B sebagai kelas Langsung. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self efficacy siswa. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis menggunakann ANAVA dua jalur diperoleh hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan model blended learning berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran langsung. Besarnya nilai signifikasi yang diperoleh dari anava adalah 0,004 < nilai taraf signifikasi 5%. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah pada kedua pembelajaran, kemudian diperoleh nilai signifikasi model pembelajaran dan KAM sebesar 0,607 > nilai signifikasi 5%. Sehingga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah. Selanjutnya self efficacy yang diajarkan dengan model blended learning berbasis masalah lebih baik daripada dengan pembelajaran langsung. Besarnya nilai signifikasi diperoleh ANAVA 0,048< nilai signifikasi 5%, menunjukan adanya perbedaan signifikan self efficacy pada kedua pembelajaran, kemudian diperoleh nilai signifikasi antara model pemvbelajaran dan KAM sebesar 0,026 < nilai signifikasi 5%. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh bersama sama antara model pembelajaran dan KAM terhadap self efficacy siswa. Temuan penelitian merekomendsikan model blended learning berbasis masalah untuk dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Ans p
Keywords: Blended Learning Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Efficacy; Kemampuan Awal Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:22
Last Modified: 29 Apr 2021 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41996

Actions (login required)

View Item
View Item