Lubis, Nisa Cahya Pertiwi (2021) Analisis Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176172035 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8176172035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
3. 8176172035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. 8176172035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. 8176172035 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. 8176172035 TABELS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. 8176172035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. 8176172035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (969kB) | Preview
12. 8176172035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. 8176172035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kemampuan penalaran dan bepikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah; (2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; dan (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran dan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan Kelas VIII-5 yang berjumlah 39 orang, kemudian diangkat subjek wawancara berdasarkan kategori kemampuan penalaran dan berpikir kritis matematis dan pola jawaban yang dominan pada setiap kategori. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah didapat bahwa dari 39 siswa terdapat 11 siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tinggi, 12 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 16 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator mengajukan dugaan yaitu kategori sedang; indikator melakukan manipulasi matematika yaitu kategori sedang; menarik kesimpulan yaitu kategori rendah; dan membuat generalisasi yaitu kategori rendah. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah didapat bahwa dari 39 siswa terdapat 8 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis kategori tinggi, 14 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 17 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator interpretas yaitu kategori tinggi; indikator analisis yaitu kategori sedang; indikator evaluasi yaitu kategori rendah; dan inferensi yaitu kategori rendah. (2) Siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis kategori tinggi juga, siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis kategori sedang juga, dan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis kategori rendah juga. (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis siswa a) pada kategori tinggi, siswa mengalami kesulitan pada kriteria fakta dan prinsip; b) pada kategori sedang dan rendah, siswa mengalami kesulitan pada kriteria fakta, prinsip, dan operasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.872 Lub a |
Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis; Kemampuan Berpikir kritis Matematis; Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 09:07 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41968 |