Setiawati, Diah (2013) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116171004 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 8116171004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8116171004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. 8116171004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
5. 8116171004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. 8116171004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7. 8116171004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8. 8116171004 Bab I.pdf - Published Version
Download (933kB) | Preview
9. 8116171004 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
10. 8116171004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pembelajaran secara konvensional, (2) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pembelajaran secara konvensional, (3) Interaksi pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang dan rendah) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, (5) Mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, (6) Mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bireuen, dengan analisis ANAVA dua jalur dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran CTL dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran CTL dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, (5) Proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapatkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dibandingkan proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional, (6) proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik pada pembelajaran secara konvensional lebih rendah dibandingkan dengan proses penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran CTL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Set p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Komunikasi matematik; Pendekatan konvensional; Contextual teaching and learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 22:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4196 |