MAULIDYA, DARA (2020) PENGARUH POTENSI DIRI, SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN GENDER TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII SMK SWASTA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162142009 COVER.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
2. NIM 7162142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
3. NIM 7162142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
4. NIM 7162142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
5. NIM 7162142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
6. NIM 7162142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
7. NIM 7162142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
8. NIM 7162142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
9. NIM 7162142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7162142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
14. NIM 7162142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (989kB) | Preview
Abstract
Persentase jumlah siswa yang tidak bekerja mencapai 50% dan rendahnya persentase siswa yang melanjut ke Perguruan Tinggi.Tetapi, tidak semua siswa yakin akan potensi diri yang dimiliki. Sosial ekonomi keluarga siswa rata-rata berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah kebawah. Serta, jumlah siswa diSMKS berjenis kelamin perempuan lebih banyak daripada siswa berjenis kelamin laki-laki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi, 2)Pengaruh Sosial Ekonomi
Keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi, 3)Pengaruh Gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi, dan 4)Pengaruh potensi diri, sosial ekonomi keluarga dan gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi pada siswa kelas XII SMK Swasta di kota medan.
Penelitian ini dilaksanakan di 3 SMKS Kec Medan Kota pada Bidang Keahlian Akuntansi yaitu, SMKS Dwi Warna, SMKS Eria, SMKS YPK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Expost Facto. Populasi nya adalah seluruh siswa kelas II SMKS di Kota Medan yang berakreditasi A diBidang Keahlian Akuntansi. Dimana sampel yang diambil ialah berjumlah 100 orang siswa. Instrument dari penelitian ini terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji prasyarat yakni uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov, Uji linieritas, Uji multikolinieritas dan Uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t, Uji-F dan Uji koefisien determinasi.
Dari hasil analisis diperoleh adanya pengaruh yang positif dan signifikan potensi diri, sosial ekonomi keluarga dan gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi pada siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Medan secara simultan. Hal ini di tandai dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu (6.179>2,47). Sedangkan hasil uji t untuk variabel potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi menunjukkan nilai thitung > ttabel (2.599>1.660) dengan nilai sig.<0,05 (0,034<0,05). Hasil uji t untuk variabel sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi menunjukkan nilai thitung > ttabel
(3.216>1.660) dengan nilai sig.<0,05 (0,002<0,05). Dan hasil uji t untuk variabel gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi menunjukkan nilai thitung > ttabel (2.525>1.660) dengan nilai sig.<0,05 (0,028 < 0,05). Sedangkan nilai R Square sebesar 34,2% dan 65,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan potensi diri, sosial ekonomi keluarga dan gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi pada siswa kelas XII SMK Swasta di kota medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Potensi Diri, Sosial Ekonomi Keluarga, Gender, Minat Melanjutkan Studi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41903 |