SIAHAAN, EVA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU TUTOR TEMAN SEBAYA DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342012 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2. NIM 7163342012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
3. NIM 7163342012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
4. NIM 7163342012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM 7163342012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
6. NIM 7163342012 TABLES.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
7. NIM 7163342012 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
8. NIM 7163342012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
9. NIM 7163342012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163342012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
14. NIM 7163342012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual berbantu tutor teman sebaya lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvesional. 2. untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang memiliki baik minat tinggi dan minat rendah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantu tutor teman sebaya lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensinal, dan.3. Untuk mengetahuhi interaksi antara model pembelajaran Kontekstual berbantu tutor teman sebaya dan minat terhadap hasil belajar akuntansi.
Populasi di dalam penelitian saya sebanyak 214 siswa,sampel di dalam penelitian saya sebanyak 72 siswa,terdapat angket minat sebanyak 40 pernyataan, dan terdapt juga 30 soal akuntansi. Terdapat rancangan penelitian menggunakan Faktorial 2 x 2 di dalam penelitian saya. Teknik pengumpulan data yang saya gunakan dalam penelitian saya: Tes dan angket. Teknik analiss data dalam penelitian menggunakan teknik deskriftif dan inferensial yang mana dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS V20. Penelitian saya menggunakan analisis statistik dengan Anova dua arah/faktor (Two Way Anova). Hipotesis penelitian yang saya gunakan 1.Hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Kontekstual berbatu tutor teman sebaya lebih tinggi dibandingkan belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 .2.Terdapat hasil belajar akuntansi siswa yang memiliki minat belajar, baik tinggi maupun rendah, dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantu tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. 3. Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbatu tutor teman sebaya dan minat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis diperoleh hasil: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual berbantu tutor teman sebaya lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Konvensional dengan nilai Sig. (0,000) < 0,05; (2) rata-rata hasil belajar kontekstual berbantu tutor teman sebaya siswa dengan minat tinggi dan rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Konvensional dengan nilai Sig(0,000) < 0,05; (3) terdapat interaksi antara mode pembeajaran berbantu media dan minat terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual, tutor teman sebaya, minat dan hasil belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41895 |