Jemido (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Dikelas VII SMP Negeri 41 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4133111031 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4133111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3. NIM. 4133111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 4133111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
5. NIM. 4133111031 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
6. NIM. 4133111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 4133111031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
8. NIM. 4133111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM. 4133111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (910kB) | Preview
13. NIM. 4133111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
14. NIM. 4133111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 41 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 41 Medan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dan memberikan angket untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa. Instrumen penelitian ini melalui tes hasil belajar, angket motivasi dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 17 orang siswa (53,12%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 69.09 dan pada siklus II terdapat 28 orang siswa (87,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,31. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang (34,38%) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 11,22. Dan peneliti juga melakuakan analisis data motivasi belajar setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 73,59 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata motivasi belajar siswa 81,06. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata motivasi siswa sebesar 7,48%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer terhadap pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,36 dan pada siklus II pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti diperoeh nilai rata-rata 2,63 (kategori baik).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 41 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | hasil belajar; motivasi belajar; model Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 05:41 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41881 |