WULANTIKA, TRI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE QSH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 2 MAN BATU BARA TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162141007 COVER.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
2. NIM 7162141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
3. NIM 7162141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (969kB) | Preview
4. NIM 7162141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
5. NIM 7162141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
6. NIM 7162141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
7. NIM 7162141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
8. NIM 7162141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
9. NIM 7162141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7162141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
14. NIM 7162141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 di MAN Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Question Student Have.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 orang . Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 23 orang siswa (67,65 %) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 32 orang siswa ( 94,12 %). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 52,53 dengan siswa yang tuntas 5 siswa (14,71 %) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 79,97 dengan siswa tuntas 23 siswa (67,65 %) dan meningkat di hasil post-test
siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 87,05 dengan siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa (97,12 %). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Question
Student Have (QSH) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi siswa pada materi Angagaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di Kelas XI IPS 2 MAN Batu Bara
Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar Ekonomi, Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have (QSH). |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41857 |