PURBA, NIDIA MAHARANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163141023 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 7163141023 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3. NIM. 7163141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
4. NIM. 7163141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
5. NIM 7163141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6. NIM.7163141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM. 7163141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 7163141023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
9. NIM. 7163141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
14. NIM. 7163141023 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IIS
SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan yang beralamat di JL.Sei Mati No. 799 Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 95 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling, yaitu kelas XI IIS-1 (36 orang) dan XI IIS-2 (33 orang). Jadi total sampel adalah 69 orang. Teknik
pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar ekonomi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal yang diuji terlebih dahulu validitas, reliabilitas, daya
pembeda soal, dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0.05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 35,41 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai
rata-rata posttest sebesar 80.14 dengan standar deviasi 7.415. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 36.21 dengan standar deviasi 8.572 dan nilai rata-rata posttest sebesar 65.15 dengan standar deviasi 8.969. Hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 7.609, sedangkan ttabel sebesar 1.669 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0.05 sehingga thitung > ttabel (7.609 > 1.669) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 9 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi, Model Pembelajaran Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41856 |