PARESIA, ESRANI DEBORA (2020) PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161141008 COVER.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2. NIM. 7161141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
3. NIM. 7161141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4. NIM. 7161141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
5. NIM. 7161141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
6. NIM. 7161141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
7. NIM. 7161141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM. 7161141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM. 7161141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 7161141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
14. NIM. 7161141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (754kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi dan penggunaan E-learning terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan Ekonomi stambuk 2018. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jln. Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate.Jenis penelitian ini adalah espost facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan ekonomi program studi Pendidikan Ekonomi stambuk 2018 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 97 orang.dan sampel berjumlah 97 mahasiswa yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner/angket. Untuk uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji normalitas data, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,368+ 0,506X1 + 0,383 X2. Hasil analisis uji t untuk variabel kualitas informasi (X1) diperoleh thitung> ttabel (6,205 > 1,985) dengan demikian hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas informasi (X1) terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y), untuk variabel penggunaan elearning (X2) diperoleh thitung> ttabel (4,765 > 1,985) dengan demikian mak hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan elearning (X2) terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y). berdasarkan uji F diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel atau (71,635 > 3,090) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kualitas Informasi dan Penggunaan Elaerning terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2018 Universitas Negeri Medan T.A 2019/2020, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Informasi, Penggunaan E-Learning, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 00:54 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 00:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41847 |