Saragih, Masriani (2020) PENGARUH PENGGUNAAN RAPID TYPING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK BM PANCA BUDI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162144007 COVER.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
2. NIM. 7162144007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
3. NIM. 7162144007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
4. NIM. 7162144007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 7162144007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
6. NIM. 7162144007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 7162144007 TABLES.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM. 7162144007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. NIM. 7162144007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7162144007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM 7162144007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan mengetik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh media pembelajaran rapid typing terhadap hasil keterampilan mengetik ; 2). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil keterampilan mengetik; 3). Pengaruh penggunaan media pembelajaran rapid typing terhadap motivasi belajar; 4). Pengaruh interaksi antara media pembelajaran rapid typing dengan motivasi belajar dalam
mempengaruhi hasil keterampilan mengetik siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Panca Budi Medan yang
beralamat di Jalan Gatot Subroto, km. 4,5. Penelitian ini merupakan preeksperimen design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK BM Panca Budi Medan yang berjumlah sebanyak 39 siswa,dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrument tes penelitian terdiri dari teks/naskah serta angket motivasi belajar. Angket terlebih dahulu diuji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis secara parsial (uji-t) serta analisis varians dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan mengetik siswa dengan media konvensional dan media rapid typing yaitu 76,92 dan 83,23 dengan standar deviasi 6,2001 dan 6,763. Sementara itu untuk motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan media konvensional dan media rapid typing memiliki rata-rata sebesar 67,36 dan 70,38 dengan standar deviasi 5,279 dan 4,654. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil keterampilan
mengetik siswa dan data motivasi belajar siswa berdistribusi normal (sig. >0.05) dan homogen (sig. >0.05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Hasil keterampilan mengetik siswa diperoleh thitung 7,524 dengan sig.0,000; 2). Hasil keterampilan mengetik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah diperoleh thitung 3,259 dengan sig.0,03; 3). Motivasi belajar siswa dengan menggunakan media rapid typing dan konvensional diperoleh thitung 2,644 dan sig. 0,012. ; 4). Interaksi media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil
keterampilan mengetik diperoleh sig. 0.04, dalam hal ini keempat hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran rapid typing dan motivasi belajar terhadap hasil keterampilan mengetik siswa kelas X AP di SMK BM Panca Budi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Rapid Typing, Motivasi Belajar, Hasil Keterampilan Mengetik. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 04:35 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41830 |