Ningrum, Marina Sulistya (2013) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK DAN AKTIVITAS AKTIF SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710016 Judul.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 081188710016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. 081188710016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. 081188710016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. 081188710016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. 081188710016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. 081188710016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. 081188710016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. 081188710016 Bab I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
10. 081188710016 Bab V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
11. 081188710016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematika dan aktivitas aktivitas aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika dan aktivitas aktif siswa dengan menerapkan pendekatan open-ended dengan bantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMP Swasta TPI Rantauprapat dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A dengan objek penelitian adalah penerapan pendekatan open-ended dengan bantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika dan aktivitas aktif siswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini telah dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian. Perangkat yang telah dikembangkan antara lain : (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) buku pegangan guru, (3) buku pegangan siswa, (4) lembar aktivitas siswa, perangkat tersebut telah divalidasi oleh pakar/praktisi dan dinyatakan layak digunakan dalam penelitian ini. Instrumen yang dikembangkan adalah : (1) tes penalaran, (2) lembar observasi aktivitas aktif siswa, (3) angket respon siswa. Seluruh instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh pakar dan diujicobakan di lapangan, hasilnya disimpulkan bahwa : (1) seluruh butir tes penalaran adalah valid dan memiliki tingkat reliabilitas dengan kategori baik, (2) lembar observasi aktivitas aktif siswa dan angket respon siswa telah divalidasi oleh pakar dan dinyatakan layak digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis data pada siklus I diperoleh gambaran bahwa : (1) rata-rata nilai tes penalaran sebesar 68,29 atau terdapat 72,86% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat penalaran kategori cukup, (2) kadar aktivitas aktif siswa belum memenuhi persentase waktu ideal yang diterapkan di bab III, (3) terdapat 94,86% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran memberikan respon yang positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran. Pada siklus II diperoleh hasil : (1) rata-rata nilai tes penalaran sebesar 87,77 atau terdapat 87,146% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat penalaran kategori baik, (2) kadar aktivitas aktif siswa telah memenuhi persentase waktu ideal yang diterapkan di bab III, (3) terdapat 97,54% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran memberikan respon yang positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menerapkan pendekatan open-ended dengn bantuan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika serta kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran telah memenuhi target yang ditetapkan. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil-hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Nin p |
Keywords: | Penalaran matematika; Penalaran induktif; Penalaran deduktif; Open-ended; Peta konsep; Pengajaran; Kubus; Balok |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4182 |