PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN

HUTAJULU, MELVATESYA (2020) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1.NIM 7163142027 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 7163142027 COVER.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 7163142027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 7163142027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 7163142027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 7163142027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 7163142027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 7163142027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 7163142027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 7163142027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 7163142027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 7163142027 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 7163142027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 7163142027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 7163142027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 7163142027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 7163142027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 7163142027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 7163142027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 7163142027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 7163142027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 7163142027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif dan retensi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri di Kota Medan. Penelitian ini dilaksanakan di 1). SMK Negeri 1 Medan, 2). SMK Negeri 6 Medan, dan 3). SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 467 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 215 siswa, dimana teknik pengambilan sampel adalah Probabililty Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai thitung sebesar 4,064 > 1,971ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Retensi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai thitung sebesar 13,055 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya keterampilan metakognitif dan retensi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai Fhitung sebesar 121,009 > 3,038 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 52,9%, sedangkan sisanya 47,1%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 2,739 + 0,235X1 + 0,794X2.. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien komunikasi keterampilan metakognitif (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila keterampilan metakognitif (X1) mengalami kenaikan, maka hasil belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien retensi belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila retensi belajar (X2) mengalami kenaikan, maka hasil belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Metakognitif, Retensi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 14 Apr 2021 22:37
Last Modified: 14 Apr 2021 22:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41791

Actions (login required)

View Item
View Item