SIRINGORINGO, MAHDALENA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7163342021 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2.NIM 7163342021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3.NIM 7163342021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4.NIM 7163342021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
5.NIM 7163342021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6.NIM 7163342021 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7.NIM 7163342021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8.NIM 7163342021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9.NIM 7163342021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 7163342021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14.NIM 7163342021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian saya ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK dengan jumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan Saintifik dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Intrumen tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang dilakukan data kuantitatf.
Dari hasil analisis diperoleh pada siklus I jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 75 belum mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 74,5 sehingga dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II diperolah jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 75 sudah mencapai 80% dengan rata-rata nilai 80 sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya dan hipotesis dapat diterima.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2019/2020 mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63,33% menjadi 83,33% pada siklus II setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan Saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Pendekatan Saintifik. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 22:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 22:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41788 |