Khairani, Siti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kolaboratif dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 105390 Pulau Gambar T.A 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182074 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8156182074 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM 8156182074 ASTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM 8156182074 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM 8156182074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 8156182074 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 8156182074 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 8156182074 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 8156182074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
13. NIM 8156182074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
14. NIM 8156182074 REFFERENCE.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learnimg (PBL) dan Motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105390 pada semester genap pada tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105390 Pulau Gambar yang berjumlah 55 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling yaitu kelas Va dan Vb. Kelas Vb sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kolaboratif dengan jumlah siswa 28 orang. Sedangkan untuk kelas Va sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan teknik analisis varians (ANAVA) 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kolaboratif lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (sig.=0,000<0,05), kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah (sig.=0,01<0,05), dan terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa (sig.=0,02 <0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Kha p |
Keywords: | critical thinking ability; motivation; collaborative based problem based learning (pbl) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 03:06 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41727 |