Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Maulida, Nurul (2021) Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4162111010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4162111010 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4162111010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4162111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4162111010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4162111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4162111010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4162111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4162111010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4162111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4162111010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4162111010 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4162111010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4162111010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4162111010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4162111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4162111010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4162111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4162111010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4162111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan mengetahui bagaimana model Discovery Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau berdasarkan pengaruh sintaks dari model discovery learning terhadap indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) yang dilaksanakan selama 2 bulan dari Oktober-Desember tahun 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model discovery learning yaitu pada tahap stimulation, guru dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang heterogen, dan membagi Lembar Aktivitas Siswa (LAS) agar proses pembelajaran menjadi lebih terarah dan siswa dalam setiap kelompoknya dapat berdiskusi dan mengamati permasalahan yang diberikan. Pada tahap problem statement, guru dapat memberikan pertanyaan pancingan yang mengarahkan siswa menuju solusi dari permasalahan. Pada tahap data collection dan data processing, guru dapat memberikan bimbingan dan arahan penuh kepada siswa agar proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi lebih efektif. Pada tahap verification, guru dapat memberikan instruksi kepada siswa agar siswa mencatat poin-poin penting jika ada perbedaan jawaban dengan hasil pekerjaan temannya. Guru juga dapat memberikan konfirmasi dan informasi tambahan jika jawaban yang diperoleh siswa masih belum tepat. Terakhir, pada tahap generalization, guru dapat memberikan instruksi kepada siswa untuk membuat sebuah kesimpulan dari hasil catatan poin-poin penting dengan bahasa mereka masing-masing yang mudah dipahami dan dimengerti. Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu pada indikator I dipengaruhi oleh tahap stimulation, data collection dan generalization, indikator 2 dipengaruhi oleh tahap data collection, data processing, problem statement,dan verification, indikator 3 dipengaruhi oleh tahap data collection, indikator 4 dipengaruhi oleh tahap data processing, dan indikator 5 dipengaruhi oleh tahap data processing dan generalization.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Discovery Learning; Pemahaman Konsep Matematika; Studi Kepustakaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:47
Last Modified: 16 Apr 2021 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41694

Actions (login required)

View Item
View Item