Sari, Ginanti Mayang (2020) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIPA MAN 2 LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141022 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
2. NIM. 4153141022 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4153141022 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
4. NIM. 4153141022 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
5. NIM. 4153141022 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
6. NIM. 4153141022 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7. NIM. 4153141022 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
8. NIM. 4153141022 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. NIM. 4153141022 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4153141022 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14. NIM. 4153141022 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa pada penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X MIPA MAN 2 Langkat Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas X MIPA 3 dan MIPA 4 yang berjumlah 72 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar siswa sebagai alat pengumpul data. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment diperoleh rhitung > rtabel (0,57 > 0,235) artinya terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa pada penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar dan termasuk kedalam kedalam kategori sedang. Hasil uji determinasi sebesar 32,49% menunjukkan bahwa persepsi siswa pada model Pembelajaran Berbasis Msalah pada materi Keanekaragaman Hayati memberikan konstribusi sebesar 32,49% terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji r diperoleh rhitung > rtabel atau 0,569 > 0,2287. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa pada penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X MIPA MAN 2 Langkat Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 07:50 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41689 |