ANALISIS PENGUASAAN KONSEP AWAL FISIKA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMK NEGERI 1 PANTAI LABU T.P. 2012/2013

Sungkawan, Ramlan (2013) ANALISIS PENGUASAAN KONSEP AWAL FISIKA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMK NEGERI 1 PANTAI LABU T.P. 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116176013 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116176013 Judul.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116176013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116176013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116176013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116176013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116176013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116176013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116176013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116176013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116176013 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116176013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116176013 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116176013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116176013 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116176013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116176013 Bab I .pdf]
Preview
Text
9. 8116176013 Bab I .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116176013 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116176013 Bab V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116176013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116176013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) hasil belajar Fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Advance Organizer Berbasis Eksperimen dan model pembelajaran Direct Instruction. (2) hasil belajar Fisika siswa yang memiliki penguasaan konsep awal rendah dan penguasaan konsep awal tinggi. (3) interaksi antara model pembelajaran Advance Organizer Berbasis Eksperimen dan Direct Instruction dengan tingkat penguasaan konsep awal dalam meningkatkan hasil belajar Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Pantai Labu Deli Serdang. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes penguasaan konsep awal (2) tes hasil belajar dengan materi pokok listrik dinamis. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer Berbasis Eksperimen dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil ANAVA dua jalur dari nilai signifikan sebesar 0.02 < 0.05, dan dapat juga dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 6.038 > 4.021. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika siswa yang memiliki penguasaan konsep awal rendah dan penguasaan konsep awal tinggi baik di kelas Advance Organizer Berbasis Eksperimen dan di kelas Direct Instruction. Hal itu dapat dibuktikan dari nilai signifikan sebesar 0.01 < 0.05. Dan dapat juga dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 7.922 > 4.021. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Advance Organizer Berbasis Eksperimen dan Direct Instruction dengan tingkat penguasaan konsep awal dalam meningkatkan hasil belajar Fisika. Hal itu dapat dibuktikan dari nilai signifikan sebesar 0.45 > 0.05, dapat juga dilihat dari nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0.582 > 4.021.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 9 Sun a
Keywords: Advance organizer; Direct instruction; Metode eksperimen; Interaksi; Fisika; Teori Piaget
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 19:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item
View Item