Pasaribu, Elsa Merry Oktavia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS SOAL HOTS MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161131008 COVER.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
2. NIM. 4161131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 4161131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
4. NIM. 4161131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
5. NIM. 4161131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
6. NIM. 4161131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
7. NIM. 4161131008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
8. NIM. 4161131008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
9. NIM. 4161131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4161131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
14. NIM. 4161131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (969kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL berbasis soal HOTS menggunakan media kartu domino terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bentuk molekul di SMA Negeri 6 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik purposif dimana kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) menggunakan media kartu domino sebagai media pembelajaran. dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran direct disctruction menggunakan soal berbasis HOTS. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan nilai rata-rata, persen peningkatan hasil pembelajaran, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol pada data pretest yaitu sebesar 31,6 dan 47,6. Pada nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 76,67 dan 70, 13. Persen peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 59,71% dan 74,34%. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Uji korelasi untuk pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) menggunakan media kartu domino terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu nilai rxy=0,6023 yang artinya ada korelasi positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PBL, Soal HOTS, Kartu Domino, Aktivitas dan Hasil Belajar, Bentuk Molekul. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:22 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41646 |