Daulay, Marta Ito (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU PENGAKARAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR SECARA In vitro PADA PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176173003 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM. 8176173003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
3. NIM. 8176173003ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
4. NIM. 8176173003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
5. NIM. 8176173003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
6. NIM. 8176173003 TABLES.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7. NIM. 8176173003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
8. NIM. 8176173003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
9. NIM. 8176173003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 8176173003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
14. NIM. 8176173003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro dalam meningkatkan: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) keterampilan proses sains; (3) kemandirian belajar; dan (4) sikap ilmiah mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini berupa quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi semester VIII (delapan) tahun ajaran 2018/2019. Sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan buku berbasis riset pengakaran tanaman nanas sedangkan kelas B menggunakan buku ajar kultur jaringan tanaman. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yaitu uji t test diperoleh bahwa: (1) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (thitung=0,00; p=10,68); (2) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan keterampilan proses sains (thitung=9,678; p=0,00); (3) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan kemandirian belajar (thitung=5,315; p=0,00); (4) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa (thitung=3;120 p=0,003).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.538 07 Dau e |
Keywords: | Efektivitas, In vitro, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Kemandirian Belajar, dan Sikap Ilmiah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 03:24 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41633 |