Utomo, Muhammad Rizki (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV SDN 026609 Pujidadi Binjai. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8166182033 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 8166182033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 8166182033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 8166182033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 8166182033 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 8166182033 TABELS.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 8166182033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8166182033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 8166182033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 8166182033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 8166182033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh model PBL terhadap
hasil belajar IPA; (2) Pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPA peserta
didik; (3) Interaksi antara model PBL dan model Ekspositori dengan tingkat
motivasi dalam memengaruhi hasil belajar IPA; (4). Pengaruh model PBL terhadap
kemampuan berpikir kritis; (5) Pengaruh tingkat motivasi terhadap kemampuan
berpikir kritis peserta didik; dan (6) Interaksi antara model PBL dan model
Ekspositori dengan tingkat motivasi dalam memengaruhi kemampuan berpikir
kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment)
dengan desain faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas
IV SDN 026609 Pujidadi Binjai, dan sampelnya dipilih secara total sampling class
sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, angket
motivasi belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan
ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model
PBL dapat mempengaruhi hasil belajar IPA lebih baik daripada model Ekspositori;
(2) Tingkat motivasi tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar IPA peserta didik
lebih baik daripada motivasi rendah; (3) Terdapat interaksi antara penerapan model
PBL dan model Ekspositori dengan tingkat motivasi belajar dalam memengaruhi
hasil belajar IPA; (4) Penerapan model PBL dapat memengaruhi kemampuan
berpikir kritis lebih baik daripada model Ekspositori; (5) Tingkat motivasi tinggi
dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik daripada
motivasi rendah; dan (6) Terdapat interaksi antara penerapan model PBL dan
model Ekspositori dengan tingkat motivasi belajar dalam mempengaruhi
kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa model
pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan solusi dan alternatif pilihan guru
dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada
tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Uto p |
Keywords: | Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis; Motivasi; Model Pembelajaran PBL; Model Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 08:51 |
Last Modified: | 19 May 2021 22:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41624 |