Sinaga, M. Ishak (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Penerapan Teori Vygotsky di Tingkat SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8166172039 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 8166172039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 8166172039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 8166172039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
5. NIM. 8166172039 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM. 8166172039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM. 8166172039 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM. 8166172039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
12. NIM. 8166172039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 8166172039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis dampak proses
belajar mengajar dengan menerapkan teori Vygotsky yang meliputi : (1) sejauh
mana kemampuan komunikasi matematik siswa; (2) deskripsi proses jawaban
siswa melalui tes kemampuan komunikasi matematik; (3) kesalahan dan kesulitan
siswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa
SMA Swasta Al Ulum Medan kelas XI – MIA – 2 sebanyak 35 orang, kemudian
diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan analisis terhadap peninjauan dari
setiap masing-masing klasifikasi jawaban tes kemampuan komunikasi matematik
siswa.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat 3 siswa (8,57%) memiliki
tingkat kemampuan komunikasi matematik yang tinggi; 7 siswa (20%) memiliki
tingkat kemampuan komunikasi matematik yang sedang; 25 siswa (71,43%)
memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematik yang rendah; (2) siswa
dengan kemampuan komunikasi matematik tinggi mampu mengerjakan
keseluruhan soal dan memberikan jawaban pertanyaan dengan runtun dan benar
untuk setiap indikator kemampuan komunikasi matematik. Siswa dengan
kemampuan komunikasi matematik sedang tidak menyelesaikan keseluruhan soal
dan ada yang memberikan jawaban pertanyaan dengan runtun, namun ada pula
yang tidak tepat dalam menjawab pertanyaan soal. Sedangkan, siswa dengan
tingkat kemampuan komunikasi matematik yang rendah belum mampu
menyelesaikan soal dengan benar sesuai dengan indikator kemampuan
komunikasi matematik; (3) untuk kesalahan dan kesulitan siswa dalam
kemampuan komunikasi matematik, ada siswa yang belum mampu menyelesaikan
soal dengan benar pada keenam indikator kemampuan komunikasi matematik.
Siswa mengalami kesulitan disemua aspek yaitu fakta, konsep, prosedur, dan
prinsip.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematik; Teori Vygotsky |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 08:51 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41623 |