Resti, Lady Ichwana (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMA Swasta YPK MedanT.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
NIM. 4163111032 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 4163111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
NIM. 4163111032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM. 4163111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
NIM. 4163111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
NIM. 4163111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 4163111032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 4163111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM. 4163111032 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
NIM. 4163111032 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM. 4163111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis, ada tidaknya pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis serta ada tidaknya pengaruh antara kecerdasan emosional dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan, dengan sampel kelas X MIA 2 sebanyak 34 siswa, menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa 30 butir pernyataan angket kecerdasan emosional, 4 butir tes uraian kemampuan awal dan 4 butir tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi dan koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional (
) terhadap variabel kemampuan komunikasi matematis (Y) nilai
3,959 dan besar pengaruh 32,9%. Menunjukkan pengaruh variabel X1 terhadap Y adalah lemah. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kemampuan awal (
) terhadap variabel kemampuan komunikasi matematis (Y) nilai
8,959 dan besar pengaruh 71,5%. Menunjukkan pengaruh variabel X2 terhadap Y adalah kuat. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional (
) dan kemampuan awal (
) secara bersama-sama terhadap variabel kemampuan komunikasi matematis (Y), nilai
39,98 dan besar pengaruh 72,1 % menunjukkan besar pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap variabel kemampuan komunikasi matematis kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan emosional; Kemampuan Awal; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 08:36 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41610 |