Shiddiq, Muhammad Rais (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 3 BINJAI T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121043 COVER .pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
2. NIM 4153121043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
3. NIM 4153121043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
4. NIM 4153121043 PREFACE .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 4153121043 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
6. NIM 4153121043 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
7. NIM 4153121043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
8. NIM 4153121043 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
9. NIM 4153121043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4153121043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
14. NIM 4153121043 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1.)Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry training pada materi pokok Elastisitas di kelas XI. 2.)Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Elastisitas di kelas XI 3.)Untuk mengetahui sikap peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan model Inquiry training pada materi pokok Elastisitas di kelas 4.)Untuk mengetahui sikap peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Elastisitas di kelas XI 5.)Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik akibat pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry training dan pembelajaran konvensional pada materi pokok Elastisitas di kelas XI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretes-postes group. Populasi seluruh siswa kelas XI semester I sebanyak 2 kelas MIA SMA Negeri 3 Binjai T.P 2019/2020, teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah XI MIA 3 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan lima option jawaban yag sebelumnnya telah divalidasi, untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t).
Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 42,4 dengan standar deviasi 15,5 dan rata-rata postes 74,4 dengan standar deviasi 12,9, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar 41,8 dengan standar deviasi 14,7 dan rata-rata postes 67,8 dengan standar deviasi 9,4. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ,diperoleh thitung = 2,313 > ttabel = 1,689 artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantuan Macromedia Flash pada materi Elastisitas. Dan adanya peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Inquiry Training, Pembelajaran Konvensional, Aktivitas, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 07:22 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41574 |