Aprilia, Ika (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINDS-ON SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIN. 4153321015 COVER.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
2. NIN. 4153321015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIN. 4153321015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
4. NIN. 4153321015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
5. NIN. 4153321015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
6. NIN. 4153321015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7. NIN. 4153321015 TABELS.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIN. 4153321015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
9. NIN. 4153321015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIN. 4153321015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
14. NIN. 4153321015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan
kreativitas pendidik. Pengalaman adalah guru yang terbaik, karena dari
pengalaman manusia dapat belajar. Kegiatan pengalaman sangat membantu siswa
menjadikan pembelajaran bersifat aktif. Experiential learning memusatkan siswa
pada penggambaran awal tentang pengalamannya. Siswa diarahkan dengan
aktivitas minds-on untuk menjadikan informasi baru menjadi keterampilan baru
yang akan menjadi pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini
menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis experiential learning dalam
meningkatkan minds-on siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar berbasis experiential learning, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar, dan mengetahui peningkatan minds-on siswa. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa bahan ajar layak digunakan sebagai panduan pembelajaran Fisika di SMA dengan rata-rata presentase 74% be rdasarkan hasil validasi bahan ajar oleh validator. Hasil uji keterbacaan dengan kelompok kecil menunjukan bahwa bahan ajar mudah dipahami dengan rata-rata presentase 81% berdasarkan hasil uji keterbacaan bahan ajar dari soal yang diberikan berbentuk rumpang sebanyak 20 butir. Hasil minds-on siswa untuk kelas yang diberikan modul diperoleh rata-rata N-gain dengan kriteria tinggi sedangkan kelas yang tidak diberikan modul hasil rata-rata N-gain dengan kriteria rendah hal tersebut diperoleh dari angket yang diberikan pada siswa sebelum dan sesudah pembelajaran sebanyak 30 pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapat meningkatkan minds-on siswa yaitu mendengarkan, mengajukan pertanyaan, menulis, mengamati dan mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan, dan membuat keterkaitan dengan kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bahan ajar, experiential learning, minds-on |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:27 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41570 |