Gemala, Cut Entan (2019) PENGARUH METODE MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS XI SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123321009 COVER.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
2. NIM. 4123321009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
3. NIM. 4123321009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 4123321009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
5. NIM. 4123321009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 4123321009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7. NIM. 4123321009 TABLES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
8. NIM. 4123321009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
9. NIM. 4123321009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM. 4123321009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
13. NIM. 4123321009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Panca Budi Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 6 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing XI IPA 5 dan XI IPA 6. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Mnemonic dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 36,83 dan 36,48. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Mnemonic dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan,nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 80,96 dan 74,80. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,1718 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima.
Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 59,41 tergolong aktif dan meningkat disetiap pertemuan. Hasil ini menggambarkan
bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI semester II pada materi momentum dan impuls di SMA Panca Budi Medan T.P. 2018/2019. Kesimpulan
yang di dapat adalah penggunaan metode pembelajaran Mnemonic hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode pembelajaran Mnemonic, quasi eksperimen, hasil belajar dan aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:00 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41564 |