Siregar, Abdul Bokar (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I MAN 3 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121001 COVER.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
2. NIM. 4133121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (925kB) | Preview
3. NIM. 4133121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
4. NIM. 4133121001 PRAFACE.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
5. NIM. 4133121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
6. NIM. 4133121001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
7. NIM. 4133121001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
8. NIM. 4133121001 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
9. NIM. 4133121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4133121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
14. NIM. 4133121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI Semester I MAN 3 Medan T.P 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Two Group Pretes – Posttes Design. Populasi seluruh siswa kelas XI Semester I MAN 3 Medan T.P 2019/2020 yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar keterampilan proses sains berbentuk essay test yang terdiri dari 6 soal dan lembar observasi aktivitas keterampilan proses sains siswa. Uji hipotesis menguunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 37,27 dan kelas kontrol sebesar 39,97. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 79,00 dan kelas kontrol sebesar 66,83. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan berbeda pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata aktivitas keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen pada pertemuan I adalah 39,1 dalam kategori kurang aktif, pertemuan II adalah 62,6 dalam kategori cukup aktif dan pertemuan III adalah 84,4 dalam kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,863 dan ttabel =1,672, karena t¬hitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Elastisitas Dan Hukum Hooke di Kelas XI Semester I Man 3 Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Konvensional, Scientific Inquiry. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 03:43 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41562 |