Sary, Sinta Puspita (2021) Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Menggunakan Multimedia Berbasis Proyek untuk Pengajaran Titrasi Asam Basa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141017 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 8166141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
3. NIM. 8166141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 8166141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
5. NIM. 8166141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8166141017 TABLE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 8166141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 8166141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM. 8166141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
13. NIM. 8166141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 8166141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Bahan ajar inovatif berbasis proyek yang terintegrasi dengan multimedia sangat diperlukan di dalam pembelajaran, terutama untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai implementasi dari kurikulum berbasis kompetensi untuk memenuhi tuntutan yang diinginkan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Paradigma pendidikan membutuhkan pembelajaran aktif dengan mengoptimalkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan akademik. Pembelajaran berbasis proyek dengan multimedia menjadi pilihan yang tepat dalam pengajaran kimia yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagaimana dituntut di dalam kurikulum berorientasi KKNI. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar kimia inovatif berbasis proyek yang terintegrasi dengan multimedia untuk dipergunakan sebagai media pembelajaran pada pengajaran Titrasi Asam Basa. Penelitian dilakukan melalui pengembangan bahan ajar inovatif dengan mengintegrasikan proyek mini dan multimedia pada Pokok bahasan Titrasi Asam Basa dan dikemas dalam bentuk soft copy dan hard copy. Bahan ajar selanjutnya distandarisasi dan dievaluasi kelayakannya sebagai bahan ajar untuk pengajaran Kimia Analitik di perguruan Tinggi. Bahan ajar inovatif standar selanjutnya diimplementasikan untuk pengajaran Titrasi Asam Basa di dalam kelas yaitu dengan cara mendistribusikan bahan ajar inovatif kepada mahasiswa untuk dipergunakan sebagai panduan belajar dalam mengerjakan proyek yang ditugaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh bahan ajar inovatif sudah sesuai untuk dipergunakan sebagai bahan ajar pada pengajaran Kimia Analitik di Perguruan Tinggi sesuai kriteria kelayakan yang ditetapkan oleh BSNP. Responden ahli memberikan penilaian sangat baik (rata-rata 3,64±0,11). Bahan ajar inovatif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, yaitu berdasarkan penilaian objektif pada kelompok eksperimen (rata-rata 88,00±5,91) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (rata-rata 76,33±8,61), dan dua kelompok berbeda secara signifikan (3,79>1,71). Implementasi bahan ajar di dalam kelas menunjukkan hasil yang sangat baik, yaitu bahan ajar inovatif berbasis proyek dengan multimedia terbukti sangat efektif dalam menuntun mahasiswa belajar mandiri untuk mempelajari Titrasi Asam Basa dengan peningkatan efektifitas sebesar 83%. Bahan ajar inovatif hasil pengembangan dapat menuntun mahasiswa menjadi terampil dalam melakukan pekerjaan kimia, yang ditunjukkan dari mahasiswa mampu mengerjakan proyek pada materi titrasi asam basa. Mahasiswa berhasil mengkonstruksi proyek sendiri dan terampil dalam melaksanakannya dengan baik, yaitu memiliki nilai subjektif sangat baik (86,32±0,98). Pembelajaran menggunakan bahan ajar inovatif berbasis proyek dengan multimedia terbukti berhasil memotivasi mahasiswa untuk belajar dengan motivasi belajar (rata-rata 84,67±8,81). Disimpulkan bahwa bahan ajar inovatif berbasis proyek dengan multimedia telah terbukti sangat meyakinkan sangat efektif meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan motivasi belajar mahasiswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sar p |
Keywords: | bahan ajar inovatif; proyek; hasil belajar mahasiswa; motivasi mahasiswa; titrasi asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 03:56 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41526 |