Setiawati, Erna (2021) Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Realistik Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Matematis Siswa di MAN 1 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4162111004 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 4162111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
3. NIM. 4162111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM. 4162111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM. 4162111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. NIM. 4162111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
7. NIM. 4162111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM. 4162111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM. 4162111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
13. NIM. 4162111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM. 4162111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik berbantuan
google classroom dengan menggunakan LKS yang dikembangkan. (2) mengetahui
peningkatan kecerdasan emosional siswa melalui pendekatan matematika realistik
berbantuan google classroom dengan menggunakan LKS yang dikembangkan. (3)
menemukan LKS yang efektif berbasis pendekatan matematika realistik dalam
meningkatkan kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional siswa MAN 1
Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di MAN 1 Medan tahun
pelajaran 2020/2021 pada semester ganjil dengan materi penerapan konsep
logaritma dengan jumlah siswa 26 siswa. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan
teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu LKS Peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik berbantuan
google classroom dengan menggunakan LKS yang dikembangkan. Dilihat dari
rata-rata gain sebesar 0,635942 dengan kategori Sedang. Nilai gain siswa yang
berada di kategori tinggi ialah sebanyak 89% dan kategori sedang sebanyak 10%
dan kategori rendah sebanyak 1%. Hal ini menunjukkan kemampuan komunikasi
matematis siswa melalui pembelajaran dengan LKS yang dikembangkan
mengalami peningkatan. Berdasarkan skala kecerdasan emosional siswa dapat
disimpulkan bahwa rata-rata skor kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan
perlakuan pembelajaran sebesar 37,69231, sedangkan rata-rata skor kecerdasan
emosional siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran sebesar 40,23077.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; LKS; kecerdasan emosional siswa; Komunikasi matematis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 05:44 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41496 |