Tarigan, Noveri (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166122018 COVER.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2. NIM 8166122018 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 8166122018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM 8166122018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. NIM 8166122018 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
6. NIM 8166122018 LIS OF TABLES .pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
7. NIM 8166122018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
8. NIM 8166122018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
9. NIM 8166122018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
13. NIM 8166122018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
14. NIM 8166122018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menguji kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan Adobe Flash CS6 pada pembentukan karakter di TK Sint. Xaverius Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan sitematis yang disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan peserta didik. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media/ domain konstruksi multimedia. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat baik (92,84 %), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (89,93 % %), (3) uji ahli ahli media/ domain konstruksi multimedia pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik 85,41 %). Uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik kualifikasi sangat baik 85,83 % dan uji kelompok berda pada kategori sangat baiki 85,71 %. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif pembentukan karakter lebih efektif dalam meningkatkan pembentukan karakter anak dari pada tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif ini layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Tar p |
Keywords: | media interaktif; adobe flash cs6; pembentukan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 07:31 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41448 |