Siahaan, Risma (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156142029 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8156142029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. NIM. 8156142029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 8156142029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 8156142029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 8156142029 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. NIM. 8156142029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM. 8156142029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM. 8156142029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 8156142029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 8156142029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul kimia yang digunakan oleh siswa kelas XI; (2) kelayakan modul kimia berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan di kelas XI SMA; (3) persepsi guru terhadap modul kimia berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan; dan (4) persepsi siswa terhadap modul berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 3D (define, design dan develop). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang ahli berdasarkan aspek kelayakan materi, penyajian, bahasa dan kegrafikan oleh ahli menggunakan lembar validasi sesuai standar BSNP. Selanjutnya bahan ajar yang telah divalidasi disebar kepada lima orang guru kimia dan siswa kelas XI di SMA Swasta Sultan Agung dan SMA Negeri 1 Pematangsiantar untuk mendapatkan persepsi mereka terhadap bahan ajar dengan mengisi angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah 4,25 dari aspek kelayakani isi; 4,20 untuk aspek kelayakan penyajian; 4,19 untuk aspek kebahasaan dan 4,14 dari aspek kegrafikan. Sedangkan rata-rata skor persepsi guru sebesar 4,56 dan rata-rata skor persepsi siswa dari dua sekolah masing-masing sebesar 3,80 dan 3,82 ditinjau dari indikator ketertarikan, indikator materi dan indikator bahasa. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid merujuk BSNP dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran kimia di kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.072 Sia p |
Keywords: | bahan ajar; kemampuan berpikir kritis; kesetimbangan kimia; model pengembangan 3d |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 04:48 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41437 |