Khairani, Zulfa (2021) Pengaruh Model Learning Cycle 7E dan Sikap Ilmiah Terhadap Keterampilan Proses Sains. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175023 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 8166175023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
3. NIM. 8166175023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 8166175023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8166175023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 8166175023 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. NIM. 8166175023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8. NIM. 8166175023 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM. 8166175023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
13. NIM. 8166175023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 8166175023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model learning cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional, untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, untuk mengetahui interaksi antara model learning cycle 7E dengan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Binjai. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak dua kelas, dimana kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model learning cycle 7E yang terdiri dari 35 siswa dan kelas XI MIA 5 yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar kerja peserta didik. Data yang dihasilkan, dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Nilai rata-rata postes keterampilan proses sains dengan model learning cycle 7E sebesar 83,86 sedangan dengan pembelajaran konvensional sebesar 63,69. Hal ini bahwa pembelajaran dengan learning cycle 7E dengan sikap ilmiah lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Kha p |
Keywords: | learning cycle 7e; sikap ilmiah; keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 04:33 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41436 |