HUTAGAOL, YOHANA DHEA (2021) PENGARUH PRESTASI AKADEMIK DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161142041 COVER.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
2. NIM 7161142041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
3. NIM 7161142041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
4. NIM 7161142041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
5. NIM 7161142041 TEBLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (848kB) | Preview
6. NIM 7161142041 TABELS.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7. NIM 7161142041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8. NIM 7161142041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
9. NIM 7161142041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7161142041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
14. NIM 7161142041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prestasi akademik dan implementasi pendidikan karakter terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Stambuk 2017 sebanyak 86 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling adalah 86 mahasiswa, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 23.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 5,302 + 0,201X1 + 0,399X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien prestasi akademik (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila prestasi akademik (X1) mengalami kenaikan, maka kesiapan menjadi guru (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien implementasi pendidikan karakter (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien implementasi pendidikan karakter (X2) mengalami kenaikan, kesiapan menjadi guru (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai thitung sebesar 5,001 > 1,989 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Hasil implementasi pendidikan karakter juga berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai thitung sebesar 4,071 > 1,989 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Selanjutnya prestasi akademik dan implementasi pendidikan karakter secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai Fhitung sebesar 28,818 > 3,11 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 41%, sedangkan 69% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | prestasi akademik, implementasi pendidikan karakter, dan kesiapan menjadi guru |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41282 |