Baihaqi, Abedul (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MTS AR-RAUHATUL HASANAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 061188230023 Judul.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. 061188230023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 061188230023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. 061188230023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 061188230023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. 061188230023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 061188230023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 061188230023 Bab I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
9. 061188230023 Bab V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
10. 061188230023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Arab siswa yang diajar dengan model Learning cycle dan model ekspositori (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Arab antara siswa yang mempunyai konsep diri positif dan siswa yang mempunyai konsep diri negatif (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar Bahasa ArabPenelitian ini dilaksanakan di pesantren Ar Raudhatul hasanah Paya bundung Medan semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 populasi penelitian berjumlah 195 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sejumlah 68 orang yang terdiri dari siswa kelas VII B sejumlah 34 orang untuk model learaning cycle dan siswa VII D sejumlah 34 orang untuk model ekspositori. Tes konsep diri siswa dilakukan untuk mengelompokan siswa atas konsep diri positif dan konsep diri negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan Desain Faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi a : 0,05 yang sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar Bahasa Arab siswa diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan denganmodel pembelajaran ekspositori, dimana Fhitung (98,219) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi = 0,05; (2) siswa yang memiliki konsep diri positif memperoleh hasil belajar Bahasa Arab yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki konsep diri negatif, dengan Fhitung (51,50) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi = 0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar Bahasa Arab, dengan Fhitung (5,72) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi = 0,05;.Hipotesis ini menunjukan bahwa model Learning cycle lebih baik daripada model ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab, dan siswa yang memiliki konsep diri positif akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki konsep diri negatif. Model ekspositori akan memberikan hasil belajar yang lebih baik apabila diajarkan pada siswa yang memiliki konsep diri negatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Bai p |
Keywords: | Model pembelajaran; Learning cycle; Pembelajaran ekspositori; Konsep diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 19:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4126 |