Husin, Alfansyuri (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA BUDI MURNI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188230094 Judul.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. 081188230094 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. 081188230094 Abstrak.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. 081188230094 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. 081188230094 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 081188230094 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. 081188230094 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. 081188230094 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. 081188230094 Bab I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
10. 081188230094 Bab V.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
11. 081188230094 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian quasi ekperimen ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual lebih tinggi daripada Metode Pembelajaran Students Achievement Division dan Metode Pembelajaran Ceramah, (2) siswa yang memiliki minat belajar tinggi memperoleh hasil belajar Geografi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki minat belajar rendah., dan (3) terdapat interaksi antara Metode Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Budi Murni – 2 Medan, yang terdiri dari 215 siswa dari kelas X. Teknik cluster random sampling dilakukan kepada 42 siswa dengan Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual, 43 siswa dengan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division dan 44 siswa dengan Metode Pembelajaran Ceramah. Instrument yang digunakan adalah 40 soal pilihan berganda dan 34 pertanyaan untuk mengetahui minat belajar siswa. Desain faktorial 3x2 yang digunakan dengan pengujian hipotesis dua arah ANAVA pada taraf signifikan =0,05.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual (X ̅= 27,71) lebih tinggi dari hasil belajar Geografi siswa dengan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (X ̅= 26,20) dan Metode Pembelajaran Ceramah (X ̅5,6= 24,09) dangan Fhitung = 4,38 > Ftabel =3,07, (2) hasil belajar Geografi siswa yang memilki minat belajar yang tinggi (X ̅= 29,95) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar yang rendah (X ̅= 21,27) dengan Fhitung = 22,14 > Ftabel =3,98, dan (3) terdapat interaksi antara Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Geografi siswa dengan Fhitung = 85,51 > Ftabel =3,92. lebih lanjut pengujian Scheffe menunjukkan ada perbedaan antara hasil belajar Geografi siswa dengan Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual, Student Team Achievement Divisions dan Ceramah, begitu juga Minat Belajar Tinggi dengan Minat Belajar Rendah.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran yang terbaik digunakan untuk siswa dengan minat belajar tinggi adalah Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual sedangkan siswa dengan minat belajar yang rendah lebih baik digunakan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Divisons dan Metode Pembelajaran Ceramah. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk keberhasilan proses pembelajaran, guru harus dilatih untuk menggunakan Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual, Student Team Achievement Divisions dan Ceramah dan menerapkannya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 2 Hus p |
Keywords: | Ceramah; Metode pembelajaran; Minat belajar; Karya wisata virtual; Student Team Achievement Division |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 18:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4123 |