DAMANIK, EVA DAMAYANTI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK SISWA KELAS X SMK TELKOM 2 MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8166192010 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM. 8166192010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
3. NIM. 8166192010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4. NIM. 8166192010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
5. NIM. 8166192010 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
6. NIM. 8166192010 TABELS.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7. NIM. 8166192010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 8166192010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
12. NIM. 8166192010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya permasalahan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Telkom 2 Medan yang disebabkan sulitnya siswa dalam memproduksi teks laporan hasil observasi yang objektif dan penggunaan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi masih befokus pada buku yang disediakan pemerintah. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis proyek untuk siswa kelas X SMK Telkom 2 Medan, kelayakan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis proyek untuk siswa kelas X SMK Telkom 2 Medan, dan keefektifan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis proyek untuk siswa kelas X SMK Telkom 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall adaftasi Sugiono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan bahan ajar menulis teks laporan hasil berbasis proyek melalui observasi, literatur, dan angket sesuai kebutuhan belajar siswa. Kelayakan bahan ajar berdasarkan kelayakan isi sebesar 89,06%, kelayakan penyajian sebesar 90,38, kelayakan bahasa sebesar 88,46%, dan validasi ahli desain sebesar 87,5%. Secara keseluruhan menunjukkan kategori sangat baik dan dinyatakan layak diujicobakan, kemudian uji coba perorangan sebesar 78,24%, uji coba kelompok kecil sebesar 83,49%, uji coba lapangan terbatas 90,63% dalam kategori sangat baik. Hasil pretes sebelum menggunakana bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis proyek sebesar 68,97% dalam kategori cukup sedangkan keefektipan setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan postes sebesar 80,83% dalam kategori baik. Selisih antara pretes dan postest sebesar 11,86. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar teks laporan hasil observasi berbasis proyek (project based learning) yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.072 Dam p |
Keywords: | Bahan Ajar, Penelitian, Pengembangan, Proyek, Teks, Laporan Hasil Observasi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 05:27 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41191 |