Harahap, Awal Ihsan P. (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LIMA PULUH. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188230077 Judul.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. 081188230077 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
3. 081188230077 Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. 081188230077 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. 081188230077 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. 081188230077 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. 081188230077 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 081188230077 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 081188230077 Bab I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
10. 081188230077 Bab V.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
11. 081188230077 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran investigasi kelompok lebih tinggi dibandingkan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri; 2) apakah hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan ruang rendah; dan 3) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan ruang terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lima Puluh tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh yang berjumlah 7 kelas sebanyak 252 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yaitu kelas VII-F yang diajarkan strategi pembelajaran investigasi kelompok dan kelas VII-C yang diajarkan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 × 2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika sebanyak 43 soal bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban dan tes kemampuan ruang sebanyak 20 soal bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikan . Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran investigasi kelompok ( = 79,00) lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri ( = 76,03) dengan nilai Fhitung > Ftabel (4,368 > 3,98); (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang tinggi ( = 79,09) lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang rendah ( = 76,11) dengan nilai Fhitung > Ftabel (4,386 > 3,98); dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan ruang siswa terhadap hasil belajar IPS siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (19,067 > 3,98). Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang rendah jika diajarkan dengan strategi pembelajaran investigasi kelompok, sebaliknya hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang rendah lebih lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan ruang tinggi jika diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.307 12 Har p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran inkuiri; Investigasi kelompok; Kemampuan ruang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 23:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4119 |