RAJAGUKGUK, ISABELLAH ELISABETH (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163143014 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM 7163143014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7163143014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
4. NIM 7163143014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
5. NIM 7163143014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
6. NIM 7163143014 TABLES.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
7. NIM 7163143014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM 7163143014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
9. NIM 7163143014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163143014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
14. NIM 7163143014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh nilai mata kuliah kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jenis penelitian ini expost facto dengan jumlah sampel sama dengan jumlah seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 89 mahasiswa program studi pendidikan bisnis stambuk 2017 Universitas Negeri. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum digunakan angket terlebih dahulu diuji valid dan reliable, dari hasil pengujian kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai mata kuliah kewirausahaan berpengaruh negative secara parsial terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung < ttabel = (1.405 < 1.987) dengan nilai sig 0.164 < 0,05 = (0.164 < 0,05). Variabel penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung > ttabel = (6.883 > 1,987) serta nilai sig > 0,05 = (0,000 < 0,05). Secara simultan variabel nilai mata
kuliah kewirausahaan dan penggunaan media sosial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai Fhitung > dari Ftabel= (27.847 > 3.100) serta nilai sig = 0.000 < dari nilai α (0.000 < 0,05). Hasil penelitian tersebut didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Lies Indriyatni (2013) Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap minat mahasiswa paling besar adalah hanya sebesar 11.4%. Disimpulkan bahwa nilai mata kuliah dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, Minat Berwirausaha. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 03:25 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41174 |