Fatmi, Nurlaili (2013) PENGARUH MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188430011 Judul.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 081188430011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. 081188430011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. 081188430011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. 081188430011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
6. 081188430011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. 081188430011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 081188430011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 081188430011 Bab I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
10. 081188430011 Bab V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
11. 081188430011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) Interaksi antara penggunaan multimedia pada pembelajaran inkuiri dengan motivasi dalam memengaruhi hasil belajar siswa, (4) Aspek kognitif yang peningkatannya lebih tinggi setelah dibelajarkan dengan atau tanpa multimedia dalam pembelajaran inkuiri, dan (5) Aspek motivasi belajar siswa yang peningkatannya lebih tinggi setelah dibelajarkan dengan multimedia dalam pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample (sampel bertujuan) yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 70 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia dalam pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa, (2) Motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan tehadap hasil belajar siswa, (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara multimedia dalam pembelajaran inkuiri dengan motivasi belajar dalam memengaruhi hasil belajar siswa, (4) Aspek kognitif yang dominan dikuasai siswa dengan multimedia dalam pembelajaran inkuiri adalah kognitif C1, dan (5) Aspek motivasi belajar siswa yang dominan adalah aspek tidak khawatir akan kegagalan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 Fat p |
Keywords: | Multimedia; Motivasi; Sistem koloid; Interactive video; Pembelajaran inkuiri; Media pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 21:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4115 |